Perawatan Kenari Sebelum Lomba Perawatan Kenari Sebelum Lomba

Loading

Perawatan Kenari Sebelum Lomba


Kadang kita sering bingung untuk perawatan burung kenari kita untuk lomba,karena kadang kita sudah mencontoh dan meniru rawatan dan menu pada burung2 kenari yg sudah moncer,tetap saja solusi itu tidak berhasil. Sebetul nya kesusahan tersebut menurut saya karena tiap personal kenari membutuh kan perawatan yg berbeda, karena berbeda pula karakter sifat dari kenari tsb. cuman ada beberapa yg hampir sama (tapi tetap aja berbeda dalam persiapan/perawatannya)
Dan yg penting menurut saya hafali lah dulu sifat dan karakter burung kenari momongan kita. (biasanya yang mempunyai sifat fighter lebih bagus yaitu pada kenari berwarna hijau dan kuning,tapi tidak tertutup kemungkinan warna2 lain juga bagus)

cara menentukan perawatan kenari yang akan di lombakan :

1. Pahami dulu sifat burung tsb.
2. Tes burung tsb dengan rawatan harian.
3. Setelah mengetahui uji coba dengan rawatan harian,akan di ketahui hasil nya bagaimana....terus perkiraan kita apa yg harus di tambah dan yg harus di kurangi (fooding).

Itu untuk dasar nya....setelah itu sedikit banyak kita tau tentang sifat kenari kita maka yg akan di persiapkan lagi adalah :

1. ketahui kapan kira2 kenari kita birahi (karena menentukan mental tarung kenari tsb)
2. meredam birahi kenari tsb apakah dengan menggunakan betina atau dengan sering dimandikan atau di drop dengan pakan.

Nah setelah tau itu baru saya melakukan untuk harian dan akan lomba :

1. tiap pagi kenari di semprot ngembun sampai basah sah (kecuali cuaca mendung atau hujan tdk saya lakukan)
2. jemur kenari tsb hingga kering dan semaksimal ketahanan kenari tsb (tiap kenari berbeda ketahanan tubuh nya terhadap sinar matahari)
3. sambil di jemur saya tidak memberikan pakan hanya air saja.
4. untuk sayuran dan buah saya berikan tiap hari (selada/cai sim dan apel)
5. untuk telur saya berikan 1 minggu 2x sampai 3x (unutk mencegah gemuk dan mencegah cepat birahi)
6. hari sabtu,saya tidak menyemprot hingga basah sah,tetapi cukup kena air saja dan di angin2 (tidak di jemur) tapi jng di taruh di tempat yg dingin.Burung di pindah sangkar lomba,menu saya tambah dengan kroto putih sedikit saja dan apel/selada.Dan ada yg di beri CEDE ada yg tidak tergantung burung,bgt juga dengan telur ada yg di beri ada yg tidak.
7. hari minggu pagi sebelum berangkat lomba,berikan apel/selada dan kroto putih sedikit saja.

Untuk di lapangan :

1. semprot kenari tersebut ,untuk kebasahan penyemprotan saya melihat birahi kenari tsb,apabila agak birahi saya semprot agak basah,apabila tidak saya semprot sedikit saja (dan melihat cuaca).
2. jemur kenari tersebut,lalu angin2 kan
3. krodong kenari tersebut.
4. cabut pakan dan minum kenari sebelum 1/2 season jadwal kenari kita untuk turun ke lomba.
5. untuk penggantangan lihat sifat kenari,jadi kita bisa tahu apa ini harus di gantang awal atau tengah/akhir.

2 comments:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...