Ternak Semut Rang Rang (Kroto) dengan Media Bambu Ternak Semut Rang Rang (Kroto) dengan Media Bambu

Loading

Ternak Semut Rang Rang (Kroto) dengan Media Bambu

Dari sekian banyak kesalahan yang selalukita lakukan sehari hari,pasti ada kebaikan yang menyelip di hati kita,semut rangrang merupakan mahluk hidup yang kadang sering mengganggu kita,tetapi sangat banyak sekali keuntungannya bagi kita, semut rangrang merupakan predator penyakit tumbuhan,seperti ulat bulu yang sekarang sekarang ini banyak sekali di perbincangkan di tv tv,dan bahkan keganasan ulat bulu sekarang ini merupakan hal yang sangat serius yang perlu kita pahami bersama.
Dengan semakin sedikitnya predator ulat bulu semakin gampangnya ulat bulu berkembang,jadi sekarang ini mulailah kita sadar terhadaplingkungan kita.dengan kita sadar membudidayakan semut rangrang ini mungkin kita bisa sedikit mengurangi penyakit tanaman pada tumbuhan yang kita pelihara,semut rangrang ini bisa dibudidayakan,secara tradisional maupun secara intensip.Budidaya semut rangrang secara tradisional bisa kita kembangkan dengan memindahkan segerombolan atau sarang dari pohon yang satu kepohon yang lainya. dalam budidaya semut rangrang secara intensif saya terobsesi ketika ingat pengalaman saya ketika waktu kecil, sekitar beberapa th yang lalu, aku sering bermain dengan semut rangrang dan waktu itu saya memasukan segerombolan semut rangrang pada tabung bambu, dan tabung bambu itu saya taro pada pohon kering yang berada di tengah tengah kolam,dan anehnya itu tabung bambu jadi juga dibikin sarang itu oleh semut'',mungkin dikarnakan di pohon itu  tidak ada daun untuk dijadikan sarang jadi semut nyarang di dalam tabung bambu itu''.dan saya coba membudidayakan semut rangrang di dalam potongan bambu,dan alhamdulilah sedikit demi sedikit mau juga semut bersarang.


Cara pembuatan :
sediakan potongan potongan bambu kurang lebih 40 cm (sesuai keinginan) 10 biji(semakin banyak potongan bambu semakin banyak penghasilan seroto dan bibit),kayu papan untuk talenan bambu dan papan untuk bertengger itu semut,dan kita bikin tatakan untuk nyimpan itu bambu di kolam,kita bikin di kolam supaya semut tidak kabur,dan tidak diganggu oleh semut beda jenis.nah setelah itu kita taro papan pada tatakan yang sudah kita bikin dan taro itu bambu diatas papan itu....,setelah itu kita mindahin bibit segerombolan semut rang rang bersama ratu ratunya taro di atas bambu,papan atau langsung kita masukan kedalam tabung bambunya supaya lebih cepat bersarang (tiap sarang pasti memiliki ratu),insya alloh itu semut nyarang didalam bambu.jangan lupa kasih makanan secukupnya,tulang tulang hewan,bangkai apa aja serangga juga mau,sekali kali kasih air gula karena semua semut sangat membutuhkan rasa manis. 
Insya allah dengan ketelatenan pasti bisa berkembang.

Perhatian : cara budidaya ini caraku sendiri, perlu perbaikan, mungkin pabila ada yang lebih intensif lagi,tolong link ke blogsaya.

14 comments:

waktu panenya berapa bulan gan ????????

kalo di kampung saya, sarang semut yang kayak gitu masih banyak di pepohonan.. jadi ga ada yang nernakin..

bismillah,saya tertarik dengan cara anda ternak semut rangrang karena kebetulan didaerah saya semut rangrang maupun bambu sebagai sarangnya dua duanya insya allah mudah di cari,sekilas saya membaca artikel anda insya allah saya faham, cuma yang ingin saya tanyakan berapa hari panenya dan bagai mana cara memanenya bos?

ok langsung tak coba dl aj. trus mau tanya bos. andaikan di pohon blm ad semutnya.cara mengundangnya bgm?

mantap gan, sudah mau bersarang tu angkrangnya tp msh bingung ni kapan saat panen yg tepat 10 hr, tp kynya blm ada ciri-ciri tu bisa di panen.

terimakasih atas postinganya,saya akan cba untuk sampingan yamas,trims

saya jg tertarik gan dgn budidaya semut rangrang, trims gan postingannya, menarik

sya jg sedang mencoba budidaya semut rang-rang/Kroto, cuma sya g' make bambu. dengan menggunakan toples rang rang terlihat kerasan dan sudah mau bersarang, tinggal nunggu perkembangannya aja.... temukan fotonya di FaceBook "Kroto"

menarik nih.....ingin ku coba

iya nih mas bro.. kpn bisa di panennya

aya sudah mencoba pkai botol aqua... sekarang sudah menempati 3 botol aqua..sudah mulai ada telur baru setiap hari....semoga ini bisa sukses....
buat yang ingin tahu caranya email saya ke hari_dc21@yahoo.com / 085790289138.

Apa sih semut rang rang itu?

Diantara media bambu, toples dan pohon mana yang lebih efektif?

Poskan Komentar

Artikel Terpopuler
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...