Hama Dan Penyakit Pada Budidaya Gurame Dan Cara Penanggulangannya Hama Dan Penyakit Pada Budidaya Gurame Dan Cara Penanggulangannya

Loading

Hama Dan Penyakit Pada Budidaya Gurame Dan Cara Penanggulangannya




Hama dan Penyakit Pada Budidaya Gurame dan Cara Penanggulangannya

Hama
Hama yang biasanya menganggu ikan gurami adalah ikan liar pemangsa seperti gabus (Ophiocephalus striatur BI), belut (Monopterus albus Zueiw), lele (Clarias batrachus L) dan lain-lain. Musuh lainnya adalah biawak (Varanus salvator Dour), kura-kura (Tryonix cartilagineus Bodd), katak (Rana spec), ular dan bermacam-macam jenis burung. Beberapa jenis ikan peliharaan seperti tawes, mujair dan sepat dapat menjadi pesaing dalam perolehan makanan. Oleh karena itu sebaiknya benih gurami tidak dicampur pemeliharaannya dengan jenis ikan yang lain. Untuk menghindari gurami dari ikan-ikan pemangsa, pada pipa pemasukan air dipasangi serumbung atau saringan ikan agar hama tidak masuk dalam kolam.

Penyakit
Gangguan penyakit dapat berupa penyakit non parasiter dan penyakit parasiter. Gangguan penyakit dapat lebih mudah menyerang ikan gurami pada saat musim kemarau dimana suhu menjadi lebih lebih dingin.
Penyakit non parasiter adalah penyakit yang timbul bukan karena serangan parasit, tapi biasanya bersumber dari faktor lingkungan fisika dan kimia air dan makanan. Penyakit ini bisa berupa pencemaran air karena adanya gas beracun seperti asam belerang atau amoniak, kerusakan akibat penangkapan atau kelainan tubuh karena keturanan. Untuk mengetahui gangguan yang dialami oleh ikan yang dipelihara dapat diketahui dari pengamatan terhadap ikan. Bila ada gas beracun dalam air, ikan biasanya lebih suka berenang pada permukaan air untuk mencari udara segar.
Penyakit parasiter diakibatkan parasit. Parasit adalah hewan atau tumbuh-tumbuhan yang berada pada tubuh, insang, maupun lendir inangnya dan mengambil manfaat dari inang tersebut. Parasit dapat berupa udang renik, protozoa, cacing, bakteri, virus, jamur dan berbagai mikroorganisme lainnya. Berdasarkan letak penyerangannya parasit dibagi menjadi dua kelompok yaitu ektoparasit yang menempel pada bagian luar tubuh ikan dan endoparasit yang berada dalam tubuh ikan.
Ciri-ciri ikan yang terkena penyakit parasiter adalah sebagai berikut :

  • Penyakit pada kulit :
    Pada bagian tertentu kulit berwarna merah, terutama pada bagian dada, perut dan pangkal sirip. Warna ikan menjadi pucat dan tubuhnya berlendir.
  • Penyakit pada insang :
    Tutup insang mengembang, lembaran insang menjadi pucat, kadang-kadang tampak semburat merah dan kelabu.

  • Penyakit pada organ dalam :
    Perut ikan membengkak, sisik berdiri. Kadang-kadang sebaiknya perut menjadi amat kurus, ikan menjadi lemah dan mudah ditangkap.
-  Penyakit Argulus Indicus atau kutu ikan, Penyakit ini disebabkan oleh parasit Argulus Indicusyang sumber penularannya adalah udang renik. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama fish lae atau kutu ikan. Kutu ini akan menempel dan menggigit mangsa sehingga berdarah. Penularannya adalah melalui air dan melalui kontak langsung dengan ikan lain, biasanya penyakit ini sering muncul pada kolam ikan yang kualitas airnya buruk. Cara penyembuhannya adalah dengan merendam ikanyang sakit ke dalam air garam 10 -15 g/liter selama 15 menit. Sebaiknya untuk menghindari ikan tertular kembali, anda menambahkan larutan garam 10 – 15 g/m2 untuk membunuh kutu air
-  Penyakit Dactylogyrus dan gryodactylus, dua nama ini adalah sejenis cacing parasit yang tumbuh berkembang dikarenakan kualitas air yang buruk, pakan ikan yang kurang atau kepadatan kolam yang terlalu penuh. JenisDactylogyrus menyerang insang ikan, gejalanya adalah menurunnya nafsu makan dan ikan gurami sering terlihat berbaring dengan dengan posisi insang yang terbuka, sedang jenis Gyrodactylus menyerang bagian sirip ikan. Cara perawatannya adalah dengan memperbaiki kualitas air yang berada di kolam dengan menggantinya dengan air yang baru, dan menambahkan garam sebanyak kira2 40 gram/m2. Jika penyakit sudah sangat parah anda bisa merendam ikan dalam larutan garam selama 1 malam.
-  Mata Belo, Gejala awal serangan penyakit ini adalah ikan menjadi kurang aktif, malas, nafsu makan berkurang dan ikan sering ke atas permukaan air. Disusul dengan bola mata yang membengkak dan akhirnya ikan ini menjadi buta dan mati. Penyakit ini disebabkan oleh sejenis cacing. Cara pengobatannya adalah dengan menghentikan pasokan air selama 24 jam, lalu masukkan garam sebanyak 1kg/m2 , besok harinya air dikuras dan diganti dengan air yang baru.
-  Jamur, pada tubuh ikan gurami yang terinfeksi jamur akan muncul benang – benang berwarna krem seperti kapas, biasanya pada kulit tubuh yang terluka. Jenis jamur yang menyerang ikan gurami adalah Saprolegnia dan Achyla. Jamur ini akan menyebabkan ikan menjadi lemah karena kurang makan, sehingga bisa memicu penyakit lain muncul. Cara penyembuhannya adalah dengan memberikan garam ke dalam kolam dengan jumlah 400g/m2 selama 24 jam untuk kemudian diganti besok harinya, selain garam bisa juga dipakai malachyte oxalatesebanyak 1 mg/l air selama 12 jam. Bisa juga menggunakan larutan formalin 200 ppm selama 2 jam.
-  Bakteri,  jenis bakteri yang menyerang ikan gurami adalah bakteriAeromonas sp, dan Pseudomonas sp. Gejala yang muncul yaitu terdapat luka berdarah tubuh, perut membesar, lendir mencair , sisik mengelupas dan muncul borok ditubuhnya. Dalam jangka waktu dekat ikan akan melemah, mengambang di permukaan air dan akhirnya mati. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan merendam ikan dalam larutan oxytetracycline 2 – 5 mg/l selama 24 jam, dan tindakan ini dilakukan berulang 3 kali. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan merendam ikan yang terinfeksi bateri dengan larutan matachite green oxalat 0,5mg/l selama satu jam , selang 1 jam kemudian deberi umpan makanan yang lebih dahulu diberi kandungan oxcytetracycline 60mg/kg pakan, dan diulang selama 7 hari berturut – turut.
-  Bercak Putih ( White Spot ), jenis penyaki ini desebabkan oleh parasit yang bernama Ichthyophtbyrius. Ciri – ciri ikan yang terkena penyakit white spot yakni munculnya bercak – bercak putih pada bagian kulit. Biasanya ikan yang terkena serangan white spot akan menggosokkan badannya pada lingkungan di sekitarnya, serta mulut ikan gurami tampak kembang kempis seperti kekurangan oksigen. Cara perawatan dari penyakit ini adalah dengan merendam ikan guramidengan ke dalam air yang diberi larutan formalin sebanyak 25 mg/l. dan di tambahkan malachine green oxalat sebanyak 0,2 mg/l selama 24 jam.


Salah satu parasit yang sering menyerang ikan gurami adalah Argulus indicus yang tergolong Crustacea tingkat rendah yang hidup sebagai ektoparasit, berbentuk oval atau membundar dan berwarna kuning bening. Parasit ini menempel pada sisik atau sirip dan dapat menimbulkan lubang kecil yang akhirnya akan menimbulkan infeksi. Selanjutnya infeksi ini dapat menyebabkan patah sirip atau cacar. Parasit lainnya adalah bakteri Aeromonas hdyrophyla, Pseudomonas, dan cacing Thematoda yang berasal dari siput-siput kecil.
Untuk mencegah penyakit ini dapat dilakukan dengan mengangkat dan memindahkan ikan ke dalam kolam lain dan melakukan penjemuran kolam yang terjangkit penyakit selama beberapa hari agar parasit mati. Parasit yang menempel pada tubuh ikan dapat disiangi dengan pinset. Sementara pengobatan bagi ikan-ikan yang penyakitnya lebih berat dapat menggunakan bahan kimia seperti Kalium Permanagat (PK), neguvon dan garam dapur.
Selain penggunaan bahan kimia tersebut di atas, petani di daerah Banyumas menggunakan laun lambesar (Chromolaena odorata (L), RM King & H. Robinson ) sebagai antibiotik. Daun lambesan dimasukkan ke dalam kolam sebelum ikan di tebar yaitu pada saat pengolahan kolam. Banyaknya daun lambesan yang dipakai adalah 1 pikul (yaitu kurang lebih 50 kg) untuk luas tanah 25 m2. Penggunaan daun ini adalah 1 untuk 1 masa tanam.
Penggunaan obat-obatan kimia untuk ikan konsumsi tidak dilanjutkan mengingat dampak yang tidak baik kepada konsumen. Kalaupun diberikan obat-obatan tidak boleh langsung di jual kepada konsumen akhir. Penggunaan obat-obatan pada ikan konsumsi juga sebaliknya tidak diberikan apabila ikan hendak diekspor. Besarnya ikan-ikan konsumsi yang mati dibuang.
Foto 11 : Daun Lambesan
Di daerah Banyumas digunakan sebagai antibiotik

147 comments:

Hati-hati dengan hama yang akan menyerang ternak budidaya ikan gurame anda

jual bibit gurame, brbagai ukuran diantaranya. :
ukuran kuaci : Rp. 200/ekor
ukuran kuku : Rp. 350/ekor
ukuran jempol : Rp. 600/ekor
hp 087775003300

untuk mengetahui kedaan air yg kurang bagus bagi gurami, air kolam saya ukuran 8 x 5m ( air tdk mengalir / sumber ) banyak terdapat lumut yg ber busa jika hari panas, apa ada pengaruhnya ? tlg balas ke E mail al_muhajirin007@yahoo.co.id

ulasannya mengenai hama dan penyakit gurame nya lengkap dan begitu jelas, membantu para pembudidaya seperti saya untuk mendapatkan informasi dan referensi dalam membesaran bibit gurame. makasih infonya

Ukuran bungkus rokok berapa mas, alamat jelas nya dimana mas

Apa nama produk dipasaran untk membasmi penyakit Parasit di Ikan Gurami.? Karena banyak produk yang tidak mencantumkan isi bahan kimia..nuwun

sedia bibit azolla bandung - jawa barat

kegunaan azolla :
- penghijau dan pendingin kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam air mancur
- pakan alternatif alami ikan gurame, nila , mas, koi, lele, belut, patin dll
- pakan alternatif ayam pedaging + petelur, bebek, entog, ayam adu
- pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit /kemarau
- bahan baku pupuk hijau dan kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut
- sebagai pengurai air limbah dan lahan kritis berair misal : bekas galian c, air TPA sampah,

kolam pemancingan
- penstabil keasaman air / PH terutama kolam terpal, bak semen, toren cor tebar padat
- kandungan dan kegunaan lain nya bisa cari di google

salam hijau dan kembalikan tanah & air kita sebagai mana fungsi nya tanpa bahan kimia

WHAT APPS / TELP / SMS PASTI DIBALES : 0896 3650 3911

Terima kasih Infonya gan.......
Sangat Menarik dan bermamfaat.....

pernah tuh gan ane melihara gurame matanya belo, udah beberapa kali melihara gurame, dan semuanya berakhir dengan mata belo dan mati, ga ga lagi deh melihara gurame, hahaha :D

bagus juga artikelnya. cukup membantu..
sayang untuk bahan2 kimia bnyak yg sulit dipahami orang awam..

makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

terimakasih gan tentang infonya dan salam sukses

Sedia bibit gurame mulai dari ukuran kuku sampai 2 jari.

Sedia bibit gurame mulai dari ukuran kuku sampai 2 jari.

Kalau ukurannya sebesar kuku ibu jari berapa harga ny?

terimakasih mas infonya dan salam kenal

mantap mas buat infonya dan salam sekse

bagus bos artikelnya dan menarik

makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

Jadi matovasi gan.
Mari mampir. Http://www.luwakpoker.org

makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

bagus gan artikelnya dan sangat menarik

Mantap infonya gan .makasih

makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

bagus bos artikelnya dan menarik

keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

semoga sukses terus gan buat usahanya

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

sengangat terus ngeblognya mazz..

keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

semoga sukses terus gan buat usahanya

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

makasih gan buat infonya dan salam sukses

Yah begitulah, backlink dari google ini memang perlu untuk kita kejar dan kita dapatkan

Thanks gas infonya sangat menarik

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

artikelnya sangat bagus, terima kasih telah membagi informasi tersebut

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

BK8 Memberikan bonus 100% buat game SLOT untuk saat ini.

Situs bolaking8 atau disingkat BK8 merupakan situs judi online jebolan Indonesia yang mencakup banyak negara Asia Tenggara

BK8 merupakan situs judi kasino online, judi bola, poker online dan slot online terpercaya di Asia sekarang.

Daftar BK8 situs slot online terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Nhà cái BK8 là một sòng bạc trực tuyến chuyên cung cấp các sản phẩm và dịch vụ cờ bạc trên toàn Châu Á

Bola88 merupakan situs judi kasino online, judi bola, poker online dan slot online terpercaya di Asia sekarang.

7meter merupakan situs judi kasino online, judi bola, poker online dan slot online terpercaya di Asia sekarang.

HL8 merupakan situs judi kasino online, judi bola, poker online dan slot online terpercaya di Asia sekarang.

Ugslot merupakan situs judi kasino online, judi bola, poker online dan slot online terpercaya di Asia sekarang.

M88 merupakan situs judi kasino online, judi bola, poker online dan slot online terpercaya di Asia sekarang.

Dewatogel adalah situs togel online terpercaya di Indonesia.

https://www.bk8idrclub.com/ merupakan salah satu situs judi online terbaik di Indonesia yang mampu memberikan pelayanan terbaik untuk membernya. Banyak pemain BK8 slot dan BK8 casino mengakui pelayanan bintang 5 dimiliki oleh situs BK8 ini.

jangan sampai terlewat kesempatan dapat keuntungan ratusan juta setiap hari dari situs resmi pengeluaran togel singapore dan togel hongkong di Indonesia.

Tidak hanya Erek Erek maupun Kode alam diatas, dibawah berikut pula kami bagikan Tafsir mimpi Kelelawar 2D 3D 4D lengkap dengan peristiwa yang menjajaki dari mimpi yang teman natural.

Apabila sobat Mimpi Dikerubuti Kelelawar Dracula perihal tersebut merupakan Isyarat kurang baik, mimpi ini yakni isyarat bila hendak terdapat perkara dalam usaha/ pekerjaan.

Makna Mimpi Menewaskan Kelelawar ialah suatu Isyarat baik, mimpi ini yakni satu isyarat bila perkara yang sepanjang ini mengusik Kamu hendak selekasnya terselesaikan.

Judi online menyediakan berbagai macam permainan judi bola dan slot online dengan tampilan dinamis dan modern.

Thanks for sharing your thoughts about blends. Regards

Dapat keuntungan ratusan juta setiap hari dari situs resmi pengeluaran togel singapore dan togel hongkong di Indonesia.

Dapatkan banyak keuntungan bergabung bersama situs resmi judi online flexi88.

Anda bisa memenangkan hingga 1000x taruhan Anda dalam Daily Cash Drops Multiplier.

Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

situs judi kasino online, judi bola, poker online dan slot online terpercaya di Asia sekarang.

kami juga ada permainan Live games lainnya.
Transaksi mudah & cepat yang disajikan 24Jam nonstop, serta minimal deposit hanya 10rb saja loh

banyak keuntungan bergabung bersama situs resmi

Khusus untuk Bapak/ibu yang mau gabung, nanti saya kasih promo khusus juga

Transaksi mudah & cepat yang disajikan 24Jam nonstop, serta minimal deposit hanya 10rb saja loh

Makasih buat infonya dan sukses selalu.

Judi online menyediakan berbagai macam permainan judi bola dan slot online dengan tampilan dinamis dan modern.

Please keep us informed like this. Thank you for sharing.

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

Gabung bersama togel singapore SB4D terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Gabung bersama togel hk siang SB4D terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Gabung bersama togel sg metro SB4D terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Gabung bersama togel sydney SB4D terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Gabung bersama togel malaysia siang SB4D terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Gabung bersama togel malaysia SB4D terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Gabung bersama togel macau SB4D terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Gabung bersama togel hongkong SB4D terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Gabung bersama togel online SB4D terpercaya dan terbaik di Indonesia sekarang.

Berbagai macam permainan judi bola dan slot online dengan tampilan dinamis dan modern. Yukkk

Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama fish lae atau kutu ikan. Kutu ini akan menempel dan menggigit mangsa sehingga berdarah.

Penyakit ini disebabkan oleh sejenis cacing. Cara pengobatannya adalah dengan menghentikan pasokan air selama 24 jam

yooo Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

Daftarkan situs togel sdy terpercaya hari ini.

Khusus slot online untuk Bapak/ibu yang mau gabung, nanti saya kasih promo khusus juga

Mesin slot, Transaksi mudah & cepat yang disajikan 24Jam nonstop, serta minimal deposit hanya 10rb saja loh

situs dengan kemudahan dan kecepatan pada saat melakukan transaksi jokergaming.app

Deposit Pulsa Tanpa Potongan, BONUS MAXWIN

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

Yah begitulah, backlink dari google ini memang perlu untuk kita kejar dan kita dapatkan

Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

Posting Komentar

Artikel Terpopuler
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...