CARA BUDIDAYA JAGUNG MANIS CARA BUDIDAYA JAGUNG MANIS

Loading

CARA BUDIDAYA JAGUNG MANIS


BUDIDAYA JAGUNG MANIS

Jagung Manis dapat ditanam di daerah dataran rendah dan tinggi sampai ketinggian 900 meter dari permukaan laut. Suhu ideal untuk pertumbuhan jagung manis adalah 21 – 30 0 C tanah yang baik adalah tanah yang subur dan gembur, keasaman tanah antara5,6

Keadaan tempat untuk jagung manis baiknya yang terbuka,memerlukan sinar matahari yang cukup banyak, tidak tergenang air. Pada musim kemarau baik ditaman di sawah tadah hujuan yang ada air sedikit dan pada muhim hujan baiknya ditanam di lahan kering atau tegalan.
Benih Jagung manis untuk 1 hektar diperlukan 7 kg. 

Pengolahan Tanah, bersihkan areal dari rumput liar dan jerami yang tdk berguna, cangkul lahan sedalam 30 – 40 cm, buat garitan dengan jarak antar garitan 80 – 90 cm. Taburkan pupuk organic misalnya Bokashi kotoan ayam, kotoran kambing, 5- 10 ton/ ha.

Penanaman jagung dan perlakuan tanam
Penanaman benih jagung manis dengan cara ditugal atau digarit, taburkan furadan diatas benih sebanyak 0,5 gram perlobang tanam, taburkan NPK dengan jarak 10 cm dari biji jagung sebanyak 2 gram per lubang:

 7 – 15 hari setelah tanam dilakukan penyulaman, pemberian pupuk ZA 150 kg perhektar, SP – 36 300 kg/ ha, bila perlu semprot dengan PPC/ Insektisida nabati.
 25 – 30 hari setelah tanam dilakukan penyiangan sekaligus pengguludan, bila perlu di taburu lgFuradan 3G pada titik tumbuh sekitar 5 butur kicil per tanaman, semprot dengan PPC.
 40 -45 hari setelah tanam dilakukan pemupukan dengan KCL atau KNOɜ lakukan penyemprotan bila ada hama yang sudah melebihi ambang eonomi.
 50 – 55 hari setelah tanam, mulai seleksi tongkol atau pohon jagung, penyemprotan bila perlu pada ketiak daun.Pada saatini usahakan kebun jangan terganggu akan mempengaruhi proses persarian.
 75 – 80 hari setelah tanam Waktu pemetikan 

Panen Jagung manis sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Udara panas cenderung dapat mengurangi kandungangula pada biji jagung manis . Untuk mempertahankan kadar gula lebih lama, selepas panen dari kebun harus segera masuk ke ruang pendingin pada temperature 1 – 5 0 C ini akan mempertahankan kemasinisan hingga 10 hari, yang paling ideal yaitu dengan perelakuan khusus, setelah panen, jagung langsung diangkut ke gudang atau ruang pendingin dan langsung dilaksanakan penyortiran dan pengemasan dengan plastic roping film. Plastik ini berfungsi sebagai penjaga kelelmbaban, mencegah kehilangan air, memperpanjang kesegaranjagung manis.

9 comments:

artikel budidaya jagungnya sangat komplit dan sangat membantu para petani. salam kenal N happy blogging :)

anak anak makassar memang kreatif....maju truss anak makassar..

infonya bagus banet nich cara membudidayakan jagung sangat pas sekali untuk saya yang sedang mencari info masi tentang menanam jagung yang baik terimaksih sudah berbagi informasinya

Kalau di barengi sama tanam ubi kayu bagus gk ya

ayo dapatkan promo besar di F|A|N|S|P|O|K|E|R|^^
kami menyediakan free chip setiap 1hari 1kali deposit
bonus rollingan 0.5% yang di bagikan setiap hari senin
dan bonus refferal 20% yang di bagikan setiap hari kamis
ayo ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami

terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik, seperti berikut ini :

-BONUS NEW MEMBER 10.000
-BONUS REFERRAL 10%
-BONUS ROLLINGAN 0.3-0.5% SETIAP MINGGUNYA
-BONUS EVENT BULANAN(JIKA SEDANG ADA EVENT TERTENTU)


WHATSAPP : +855884660017
LINE : POKER899
BBM : 55A84D38


AGEN POKER TERBAIK DIINDONESIA
AGEN JUDI ONLINE BERKUALITAS
AGEN POKER SANGAT AMAN TERPERCAYA
AGEN OMAHA BERKUALITAS TERJAMIN AMAN
BANDAR CEME TERPERCAYA TERBAIK

Posting Komentar

Artikel Terpopuler
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...