Jenis - Jenis Itik / Bebek Jenis - Jenis Itik / Bebek

Loading

Jenis - Jenis Itik / Bebek

Di Indonesia banyak jenis-jenis itik yang dapat dipertanggung jawabkan produksi telurnya dalam satu tahun yang dengan mudah itik itu dapat menghasilkan 150 – 180 butir.

Adapun jenis-jenis itik petelur yang terdapat di Indonesia antara lain :







  1. Itik Tegal (Itik Jawa / Itik Indonesia)

    Itik ini terkenal karena produksi telurnya yang tinggi, sedang warna bulunya ada yang cokelat, ataupun cokelat muda yang dalam bahasa jawanya disebut Bambangan. Diluar negeri terutama di Eropa itik Jawa tersebut lebih terkenal yang berwarna putih karena produksinya dapat mencapai 200 – 250 butir telur, dengan berat rata-rata 70 – 75 gram tiap telur. Oleh orang-orang Inggris, itik tersebut dikawinkan dengan itik lokal setempat dan lahirlah itik baru yang disebut itik “khaki campel”. Itik khaki campel tersebut mempunyai produksi yang tinggi hanya saying warna telurnya putih.
    Itik jawa / tegal yang baik dalam produksinya mempunyai tanda-tanda sebagai berikut :
    - Tubuhnya langsing, kepalanya kecil, matanya terang
    - Lehernya panjang dan bulat
    - Kalau berjalan tegak dan kalau dilihat dari arah kepala leher punggung terus ke belakang, bentuknya menyerupai botol. 
  2. Itik Magelang

    Itik Magelang mempunyai ciri khas yaitu di lehernya terdapat warna putih melingkar seperti kalung. Itik Magelang memiliki bentuk badan yang cukup besar dengan warna bulu bervariasi dari coklat muda hingga coklat tua atau kehitaman.





     
  3. Itik Mojosari (Anas platirynchos )
    Itik ini berasal dari Mojosari, memiliki warna bulu kemerahan dengan variasi dari coklat, hitam dan putih. Paruh dan dan kakinya berwarna hitam




  4. Itik Bali (Anas sp.)
    Itik ini berkembang di daerah Bali dan Lombok. Warna bulunya cenderung lebih terang. Paruh dan kakinya berwarna abu-abu kehitaman dan umumnya memiliki jambul dan bentuk leher kecil memanjang.


  5. Itik Alabio (Anas platirynchos Borneo)
    Itik ini berasal dari Amuntai, Kalimantan Selatan yang banyak dipasarkan di Kecamatan Alabio. Postur tubuhnya segitiga dan dalam posisi berdiri membentuk sudut 60 derajat. Bentuk kepalanya kecil dan membesar ke bawah. Paruh dan kakinya berwarna kuning.
Itik jantan memiliki bobot 1,8-2 kg dengan warna bulu abu-abu kehitaman dan pada ujung ekor terdapat bulu yang melengkung ke atas, sedangkan itik betina bobotnya 1,6-1,8 kg dengan warna bulu kuning keabuan dan warna ujung sayap, ekor, dada, leher dan kepala sedikit kehitaman. 
Itik dapat di budidayakan dengan dua cara yaiti dengan digembalakan atau sering disebut "di angon" dan dibudidayakan dengn Ternak Itik Tanpa Air yaitu dengan mengandangkannya.
Semoga Bermanfaat.,., :)





5 comments:

ada yg jual bebek warnanya putih semua g ??
kl ada info ke 9190 5198 y

kami butuh dan siap menampung itik tegal minta di kirim 1000 ekor tiap minggu....bagi para peternak yang mau berbisnis dengan saya hubungin...Hp.085727835089/ (0283)80689..e-mail.eddiesarwono@ymail.com/edy03_04_1989@yahoo.co.id

ada yg tau contact person yg jual bebek bali tuk ternak ?? makasih

Makasih infonya pak/ibu. artikelnya sangat bermanfaat dan mudah dipahami, saya sangat senang pembahasan tentang Jenis-jenis Bebek sudah sangat komplit.

Ok sama sama
Hp WA new saya by 085214109616

Posting Komentar

Artikel Terpopuler
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...