Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Cara Melatih Ikan Cupang Aduan

Loading

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan

Cupang sejatinya adalah ikan laga. naluri bertarungnya sering menjadi tontonan bahkan obyek taruhan. namun bagaimana caranya agar cupang jagoan kita bisa memiliki peluang yang besar untuk memenangkan pertarungan? tips berikut semoga bermanfaat. 

Pemilihan bibit. ini adalah yang paling utama dibanding tips tips lainnya. sekeras apapun cupang dilatih, jika naluri bertarungnya memang kecil tentu saja tidak akan mampu memberikan perlawanan. ciri cupang yang baik untuk diadu adalah berpostur kompak, ukuran kepala besar, badan ukuran besar (bandingkan dengan beberapa ekor cupang yang lain di toko tersebut). jika anda tidak menemukan ukuran yang cukup besar, maka ikan yang anda beli bisa "digemukan" terlebih dahulu. pemberian jentik nyamuk dan cacing darah dengan porsi banyak sangat efektif memperbesar ukuran cupang. jika tersedia budget lebih tidak ada salahnya membeli cupang import asal singapura, malaysia atau cupang bagan dengan grade A. pilihlah cupang yang memiliki gerakan paling agresif / liar jika melihat cupang jantan lainnya. jangan pilih cupang yang hanya membuka insang serta menatap pada satu titik badan lawan. cupang karakter tersebut hanya akan memberikan serangan pada daerah tertentu saja dan cenderung bertahan 
Diet. 3 hari menjelang diadu berikan makanan dengan porsi yang pas. jangan terlalu berlebihan atau kekurangan. 3 jentik nyamuk dewasa cukup untuk menahan nafsu makan cupang.


Tempat penyimpanan. satu kali dalam sehari tempatkan cupang pada wadah yang sempit tetapi berukuran tinggi sebagai contoh botol sirup. latihan ini berfungsi untuk memperpanjang waktu pernafasan cupang saat bertarung. cupang yang cepat kehabisan nafas akan banyak melarikan diri untuk menghirup udara di permukaan air.

Sparring partner. gunakan karet gelang berwarna mencolok yang dikatkan ke dalam lidi untuk merangsang respon cupang. latihan ini tidak bisa diterapkan ke semua ikan cupang. hanya cupang bernyali besar yang akan memberikan pukulan pukulan ke arah karet gelang. karet gelang sebaiknya disentuhkan pada bagian belakang terutama ekor cupang agar cupang memiliki refleks serangan balik. pengalaman saya, latihan ini akan terlihat efektifitasnya jika dilakukan selama berminggu minggu dengan frekuensi latihan 2 hari sekali. nafsu liar cupang akan semakin terasah tanpa melukai atau merusak sirip cupang
Aerator air. Bagi anda yang memiliki aerator air tips ini bisa digunakan. Pengadu betta di Thailand menempatkan ikan aduannya di dalam baskom yang diberi pemutar arus. Latihan ini berfungsi meningkatkan kemampuan fisik betta dan pernafasan.

1 comments:

bagaimana cara melatih menjadi kuat

Poskan Komentar

Artikel Terpopuler
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...