Cara Mengawinkan Landak Mini Cara Mengawinkan Landak Mini

Loading

Cara Mengawinkan Landak Mini


Sebelum membuat keputusan untuk beternak landak, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan alasan mengapa Anda berniat untuk mengembangbiakkan biak mereka. Jika memelihara untuk tujuan komersil lakukan persiapan yang matang dengan segala konsekuensinya. Perlu diketahui induk landak membutuhkan perhatian yang cukup terutama saat hamil dan pasca melahirkan. Jika merasa terganggu (khususnya satu minggu sebelum atau sesudah melahirkan), dimungkinkan landak akan memangsa anaknya sendiri. Selama beberapa minggu berikutnya, Anda akan banyak menghabiskan waktu setiap hari untuk menangani anak-anak landak apalagi jika anda melakukan breeding dalam jumlah besar. 
Jika Anda akan beternak landak pilihlah indukan dengan teliti. Idealnya, keduanya harus memiliki fisik yang baik, kuat, sehat, dan berasal dari keturunan yang baik. Pasangan landak juga harus memiliki  karakteristik kepribadian yang baik pula karena akan menurun pada anak-anak mereka. Induk betina harus berusia antara 5 hingga 12 bulan saat pertama kali dikawinkan. Tidak boleh lebih muda atau tidak lebih tua. Jika landak terlalu muda, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ reproduksinya. Setelah landak berumur satu tahun, peluangnya hamil untuk pertama kalinya turun secara drastis.

Karena Anda akan membawa betina ke kandang jantan, (ini lebih menjamin keberhasilan pembiakan) bersihkan kandang, hilangkan semua mainan, tabung atau kotak yang mungkin akan menghalangi perkawinan. Biarkan mereka bersama-sama selama sekitar 7 hari. Segera setelah ditempatkan bersama-sama, laki-laki akan mulai mencicit mengejar betina. Landak betina tidak akan pasrah begitu saja, dia akan menolak dan berlari-lari mengelilingi kandang. Terlihat seolah-olah mereka berkelahi, tapi jangan khawatir - ini adalah perilaku alamiah menjelang perkawinan. Begitu dirasa cukup betina akan berhenti dan mengangkat pantatnya sehingga landak jantan akan mudah mengawini. Akan tetapi  tidak setiap pejantan serta merta akan kawin jika anda tonton oleh karena itu, sebaiknya tinggalkan mereka sendirian untuk sementara waktu untuk memastikan kesuksesan perkembangbiakan.
Setelah 7 hari kemudian bersihkan kandang. Anda bisa juga mengulang perkawinan dengan membiarkannya satu minggu kemudian untuk memastikan kehamilan. Sekali lagi,  tinggalkan mereka bersama-sama selama 7 hari dan kemudian angkan pejantan. Jangan biarkan pejantan terus bersama induk betina saat  beranak karena keduanya dapat memakan bayi landak!
Catatan semua tanggal aktifitas sejak perkawinan. Masa kehamilan landal sekitar 35 hari, sehingga anda dapat memprediksi dan melakukan persiapan kandang. Seorang peternak yang baik akan menyimpan catatan yang sangat lengkap, sehingga dapat diketahui silsilah pejantan, betina, usia mereka, warna, dll Semua informasi ini akan berguna bagi Anda nanti. Sebagaimana telah disebutkan, kehamilan akan berlangsung sekitar 35 hari, walaupun beberapa kasus juga terjadi landak hamil hanya 30 hari dan ada pula yang 46 hari. Jika dalam 35 hari belum ada tanda tanda berilah toleransi hingga 11 hari ke depan.
Landak hamil memerlukan kotak sarang dan dipersiapkan minimal satu minggu sebelum tanggal jatuh tempo pertama. Ada berbagai desain kotak sarang dan bahan yang dijual di petshop-petshop. Tidak perlu terlalu panjang dan besar. Sebagai contoh, yang populer dan sangat sederhana adalah dengan menggunakan kotak sarang yang dapat dibuat dari ember plastik es krim 1 galon. Bersihkan secara menyeluruh dan hapus label yang menempel. letakkan terbalik sehingga tutup es krim nantinya menjadi alas.  Buat lubang berdiameter 4 inci di samping. Lubang dibuat 1 inci dari atas alas. Tujuannya agar anak landak nantinya tidak dapat berjalan keluar sarang sebelum waktunya. Jika Anda ingin membuat sesuatu yang lebih rumit, Anda dapat membuat kandang pembiakan khusus. Didalam kandang biasa, tambahkan tabung PVC berdiameter 4 inci . ujung yang satu berada didalam kandang dan ujung lainnya menembus keluar kandang. Ujung yang berada diluar bisa anda tutup dengan penutup peralon ukuran 4 inci pula. Jangan dilem secara permanen. Keuntungan dari jenis kotak sarang ini akan memudahkan kita memeriksa bayi landak tanpa mengganggu induknya. Induk betina akan mulai kembali keluar untuk makan di hari kedua atau ketiga setelah melahirkan, peralon 4 inci dianggap ideal karena anakan landak akan tetap terkumpul sehingga mendapat susu induknya secara merata. tingkat kematian selama minggu pertama bisa tinggi. Jika dilengkapi dengan tabung seperti ini, induk betina akan lebih banyak mengasuh anaknya disarang dan hanya sesekali keluar untuk  memindahkan sampah ke luar tabung
Selama dua minggu terakhir kehamilannya, tingkatkan porsi makanan landak. Bersih kandangnya (tidak perlu disucihamakan) tiga hari sebelum tanggal jatuh tempo. Lanjutkan untuk melihat dan memantau saat induk sedang makan. Dengarkan apakah ada suara decitan kecil dari dalam kotak sarang.  Minggu pertama adalah waktu yang sangat penting bagi induk landak betina.  Sedikit gangguan dapat menyebabkan landak membunuh dan memakan bayi-bayinya. Jika salah satu dari anak landak lahir di luar kotak pada minggu pertama, jangan menyentuhnya! Bau tangan Anda di bayi landak sangat mungkin menyebabkan ibu untuk menolak atau membunuh anaknya. Sebaiknya, gunakan sendok yang bersih dan mengembalikannya ke sarang ketika induk landak tidak melihat. Gunakan makanan untuk mengalihkan perhatian.
http://www.petsgaleri.com

10 comments:

nice artikel...thaxs for sharing...

Trims infonya, sangat berguna. Apakah ada sayuran yang bisa dimakan landak mini? Kalau ada tolong kasih tahu dong. Trims salam kenal n sukses gan, saya tunggu infonya di: OBYEKTIF.COM segera ya.

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)

terima kasih sudah berbagi tips..:)

makasih,semoga bermanfaat

Ciri2 lanmin kalo lgi hamil g mna y?

Kalau landak nya berbeda jenis nya apakah mau dia kawin??

Kalau landak nya berbeda jenis nya apakah mau dia kawin??

Posting Komentar

Artikel Terpopuler
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...